Pengertian Injection Pump (Pompa Injeksi)


Sebuah Pompa Injeksi adalah perangkat yang memompa bahan bakar ke dalam silinder sebuah mesin diesel. Secara tradisional, pompa digerakkan tidak langsung dari poros engkol dengan roda gigi, rantai atau sabuk bergigi (sering timing belt ) yang juga menggerakkan camshaft . Berputar pada setengah kecepatan poros engkol dalam konvensional mesin empat-stroke . Sistem ini diatur sedemikian rupa sehingga bahan bakar yang disuntikkan hanya sangat sedikit. Hal serupa juga terjadi untuk sabuk pompa pada mesin bensin akan didorong langsung dari camshaft. Dalam beberapa sistem tekanan injeksi hingga 200 Mpa
Karena kebutuhan untuk Pompa Injeksi sangat tekanan tinggi dan efek terhadap lingkungan yang sangat berbahaya, maka banyak Produsen mengembangkan system terbaru dengan tekan injeksi yang dapat ditekan hingga 15.000 psi (100 MPa).
Oleh karena itu dibutuhkan kewaspadaan yang cukup tinggi untuk berhati-hati dalam menggunakan produck dengan tekanan yang cukup tinggi. Keluarnya bahan bakar saat terjadi tekanan akan dengan mudah dapat menembus kulit dan pakaian, kemudian msuk ke jaringan tubuh dengan konsekuensi medis cukup serius

PRINSIP KERJA SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL

Pada mesin diesel hanya udara bersih yang dihisap dan dikompresikan. Bahan bakar dan udaradicampur di dalam silinder dengan cara setelah udara dikompresikan, bahan bakar disemprotkankedalam ruang bakar sehingga terjadi pembakaran. Persyaratan tekanan udara kompresi 1,5-4Mpa (15-40 bar) sehingga temperatur udara naik 700-900oc. Bahan bakar harus dikabutkanhalus, oleh pompa injeksi pada tekanan (100-250 bar)
Ada dua cara penyemprotan bahan bakar kedalam ruang bakar yaitu injeksi langsung dimana injection nozzle
menyemprotkan bahan bakar langsung keruang bakar utama (main combustionchamber) pada akhir langkah kompresi. Udara tertekan dan menerima pusaran cepat akibatnya suhu dan tekanannya naik bahan bakar cepat menguap dan menyala dengan sendirinya setelahdi semprotkan.
Cara menyemprotan yang kedua ialah injeksi tidak langsung dimana bahan bakar disemprotkan oleh injection nozzle
ke kamar depan (precombustion chamber) . Udara yang dikompresikan olehtorak memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbulensi ditempat bahan bakar yangdiijeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan mengalir ke ruang bakarutama melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.
Pada sistem bahan bakar mesin diesel,  feed pump menghisap bahan bakar dari tangki bahanbakar. Bahan bakar disaring oleh  fuel filter dan kandungan air yang terdapat pada bahan bakardipisahkan oleh  fuel sedimenter sebelum dialirkan ke pompa injeksi bahan bakar. Dari pompainjeksi  Selanjutnya melalui pipa injeksi bahan bakar dialirkan ke injektor untuk diinjeksikan keruang bakar. Ada dua tipe pompa injeksi pada sistem bahan bakar diesel yaitu pompa injeksi in-linedanpompa injeksi distributor

2 komentar:

Intan Sudibjo mengatakan...

penjelasannya simple tapi sangat bermanfaat.

Gearz Area | Belajar ilmu tekhnik, mekanik, otomotif dan diesel

ken dhou mengatakan...

Bisa menambah wawasan saya sebagai mekanik Injection Pump berbahan bakar solar yang selama ini belajar secara otodidak dan dari bengkel, tanpa dasar secara kursus ataupun formal.
Salam Kenal...

Posting Komentar